Dampak Teknologi Komunikasi Khususnya Game Online bagi Generasi Muda

Smartphone semakin menjamur di pasar Indonesia dengan berbagai brand ternama.

Perkembangan Video Game dari zaman ke zaman memang selalu memunculkan inovasi terbaru.

Developer pengembangan selalu memberi tampilan yang fantastic dan berbeda dari yang lainnya.

Bahkan, saat ini eksistensi game PC jauh tertinggal karena hadirnya inovasi baru dengan penggunaan yang lebih mudah, yaitu smartphone. Smartphone semakin menjamur di pasar Indonesia dengan berbagai brand ternama. Dengan smartphone, akses untuk bermain game jauh lebih praktis dan tidak perlu lagi mantengin layar monitor yang besar.

Berikut beberapa game online yang kini tengah marak dimainkan anak muda seperti PUBG Mobile, Mobile Legends (ML), Free Fire (Ff), Rules Of Survival (ROs), dan lain-lain.

Sama seperti pembahasan sebelumnya, dulu Video Game hanya dapat dimainkan offline sebelum hadirnya game online. Memang ada kesan tersendiri bagi yang sebelumnya menggunakan game offline sekarang justru beralih bermain game online yang diyakini memiliki fitur yang lebih banyak dan jauh lebih menarik.

Saya pribadi bisa dibilang pencinta video game sejak dulu. Namun, hadirnya game online sedikit memberi warna baru tersendiri dan lebih hidup dari game offline. Namun tidak bisa dipungkiri kalau bermain game online memang membutuhkan biaya yang bisa dibilang tidak murah untuk membeli paket data.

Tidak bisa dipungkiri kalau bermain game online memang mengasikkan. Tapi, dibalik itu semua banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari game online kalau tidak bijak dalam menggunakannya. Banyak yang lalai akan tanggungjawab karena kecanduan game online, bahkan tingkat kesehatan jauh menurun karena tidak mengenal waktu dalam bermain game online.

Namun, game online tidak selamanya memberikan dampak negatif, banyak juga yang menjadikan game online sebagai sebuah profesi menjadi gamer, dan menghasilkan uang dengan membuat konten Youtube seperti beberapa youtuber game terkenal seperti, Jess No Limit, Kimi Hime, Bang Alex, Dylan Pros, dan masih banyak lagi.

Nah dari situ kita dapat menyimpulkan bahwa smartphone hanyalah sebuah alat yang diciptakan manusia untuk mempermudah urusan manusia, digunakan sesuai dengan kebutuhan tanpa melupakan kewajiban dan tanggungjawab. Termasuk juga game online, bisa dijadikan sebagai profesi, hiburan disaat waktu luang.

So, jangan sampai kita sebagai subjek dari alat teknologi komunikasi malah berubah makna menjadi objek yang dikendalikan oleh benda yang kita ciptakan sendiri.


Ditulis Oleh :
Editor :

Post a Comment

Komentar Yang Tidak Sopan Saya Hapus.