Pengertian Sholat Sunnah Tahiyyatul Masjid dan Niat

USHOLLI SUNNATAN TAHIYYATUL MASJIDI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA

Assalamualikum.wr.wb. pada postingin kali ini saya ingin sedikit membagi pengalaman saya tentang Agama, yaitu Sholat sunnah tahiyyatul masjid, ketika kita memasuki masjid diharuskan mengerjakan sholat sunnah tahiyyatul Masjid.

Ketika seseorang memasuki masjid kenapa di haruskan melakukan sholat 2 rakaat, yaitu Sholat sunnah tahiyyatul Masjid, mungkin kalau saya belum begitu paham dengan hal ini dikarenakan saya baru dalam hal ini. Memang dalam nasehat guru Ngaji saya waktu saya masih kecil dulu, pernah mengatakan, Beberapa anjuran untuk mengerjakan sholat sunnah tahiyyatul masjid antara lain :

Dari Abu Qatadah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda.

"Jika salah seorang dari kalian. Masuk masjid , maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum duduk. " ( Hr Al bukhari dan Muslim).

Dari jJbir bin Abdullah Ra , dia berkata bahwa Sulaik Al Ghatafani datang pada hari jumat , Sementara Rasulullah SAW sedang berkhutbah , dia pun duduk, Maka beliau bertanya:

Wahai Sulaik, Bangun dan sholat sunah 2 rakaat kerjakanlah dengan ringan. Kemudian beliau bersabda.

"Jika salah seorang dari kalian datang pada hari jumat imam sedang berkhutbah, maka hendaklah ia shalat dua rakaat dan hendaknya dia mengerjakannya dengan ringan. "(HR Muslim).

Itu kalimat yang dibacakan guru ngaji saya diwaktu itu. Emang saya jarang melakukan Sholat Sunnah Tahiyyatul masjid, ketika saya berada dalam masjid, adapun niat dan artinya yang saya ditulis dibawah ini:

اُصَÙ„ِّÙ‰ سُÙ†َّØ©ً تَØ­ِÙŠَّØ©ُ الْÙ…َسْجِدِ رَÙƒْعَتَÙŠْÙ†ِ ِللهِ تَعَالَ


Latin:
USHOLLI SUNNATAN TAHIYYATUL MASJIDI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya:
Saya niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena allah ta'ala.


Mungkin itu dulu artikel tentang ilmu Agama dalam sholat, maklum saya sendiri sedang belajar dalam mmepelajarinya, mohon maaf kalau ada tulisan yang kurang dimengerti, Wasalamualaikum.wr.wb.



Foto: Ilustrasi
Penulis: Rizal

Post a Comment

Komentar Yang Tidak Sopan Saya Hapus.